Tips Mengolah Kulit Manggis Sebagai Obat Herbal


Manggis ? siapa sih yang tidak kenal dengan buah yang satu ini. Daging buahnya yang manis dan penuh dengan kandungan nutrisi maupun vitamin yang bermanfaat bagi tubuh kita. Selain itu kulit dari buah yang satu ini juga dapat menjadi obat herbal yang bisa memberi manfaat bagi tubuh kita jika diolah dengan benar. Kali ini saya akan mengulas cara Mengolah Kulit Manggis Sebagai Obat Herbal.
Sebelum saya menjelaskan tentang cara pengolahan kulit buah manggis sebagai obat herbal, nampaknya tidak salah jika kita harus mengetahui terlebih dahulu manfaat apa saja yang bisa kita peroleh dari obat herbal kulit manggis.

Manfaat dari kulit buah manggis :

Dapat mengatasi keracunan makanan, memperkuat kekebalan tubuh, dapat normalkan tekanan darah, mengobati sesak nafas, mengobati serta mencegah kanker, mencegah penyakit disentri, mencegah kerusakan DNA, mengurangi pembengkaan ketika menstruasi, meringankan sakit gigi, mengobati diare, mengobati batu ginjal, menurunkan berat badan serta beberapa manfaat yang lainnya.
Nah, setelah mengetahui beberapa kegunaan atau manfaat dari kulit manggis, kali ini saya akan menjelaskan cara Mengolah Kulit Manggis Sebagai Obat Herbal. Kulit dari buah manggis ini dapat diolah dengan berbagai cara.

    Cara mengolah kulit buah manggis :

Dibuat Jus, caranya kerok kulit buah manggis, taruh dalam blender kemudian campurkan air satu gelas dan tambahkan gula secukupnya agar rasanya menjadi manis, lebih baik anda gunakan gula merah/gula jawa, anda juga bisa menambahkan madu agar rasanya tidak terlalu pait, setelah itu blender sampai halus. Kemudian minum dengan rutin setiap 2 kali sehari.
Direbus dan dikeringkan, caranya adalah iris kulit buah manggis tipis-tipis kemudian jemur diterik matahari hingga kering, hal ini bertujuan agar kulit manggis tersebut bisa bertahan lama serta tahan terhadap jamur. Sementara itu untuk membuatnya jadi obat, ambilah satu genggam kulit buah manggis yang sudah kering kemudian rebus dengan segelas air, tunggu beberapa saat hingga kulit manggis tersebut menjadi layu. Setelah layu ambil rebusan kulit manggis tersebut kemudian pakailah untuk membuat jus dan campur dengan buah lainnya.
Dengan cara ditumbuk, caranya hampir sama dengan diatas, yakni keringkan kulit buah manggis, kemudian setelah kering ambil kulit manggis secukupnya lalu tumbuk hingga menjadi serbuk yang halus. Sementara itu untuk membuatnya menjadi obat, ambilah serbuk dari kulit manggis tersebut kemudian campurkan dengan jus/seduh dengan air yang panas kemudian tambahkan madu biar rasanya tidak pekat/pahit.


Sumber : http://disehat.com/mengolah-kulit-manggis-sebagai-obat-herbal/

You might also like