Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan Tubuh ~ Di Indonesia buah Mangga selalu menjadi primadona saat datang bulan antara Agustus hingga akhir tahun karena pada saat tersebut menjadi musim buah mangga sedang berbuah. Namun sebenarnya buah mangga bukan asli tanaman dari Indonesia, menurut sejarah penyebarannya, buah mangga yang ada di Indonesia berasal dari Negara India. Karena iklim dan suhu di Indonesia sangat cocok dengan tanaman buah mangga maka, tanaman tersebut cepat berkembang dan tumbuh dengan baik, sehingga menghasilkan buah yang memiliki kualitas yang baik.


Penyebaran buah mangga hampir menyeluruh di wilayah Indonesia, bahkan dari tiap-tiap daerah memiliki nama lokal masing-masing.  Di Madura, mangga disebut pao. Di Jawa Tengah dan Jawa Timur buah mangga disebut palem. Di Jawa Barat, Mangga. Di Aceh buah mangga disebut mamplam. Sedangkan di Bali buah mangga disebut ampelm. Nah, pada tahukah anda apa saja sih manfaat dari buah mangga ini untuk kesehatan tubuh kita, mari kita simak beberapa manfaatnya di bawah ini.

Buah Mangga Dapat Menangkal Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit pembunuh terbesar bagi umat manusia. Mengkonsumsi buah mangga dapat membantu tubuh menangkal berbagai jenis kanker seperti kanker usus besar, payudara serta prostat. Ini dikarenakan, buah mangga mengandung senyawa penting yaitu quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat serta methilgallat.

Buah Mangga Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Serat, kalium dan vitamin merupakan kandungan di dalam mangga yang keseluruhannya akan membantu menangkal penyakit jantung. Peningkatan asupan kalium bersamaan dengan penurunan asupan natrium adalah perubahan pola makan yang paling penting pada seseorang, yang akan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Buah Mangga Dapat Menjaga Kesehatan Tulang

Tidak hanya kalsium pada manfaat susu saja yang mempengaruhi kesehatan tulang, namun asupan vitamin K yang rendah sering dikaitkan dengan peningkatan resiko terjadinya patah tulang. Konsumsi asupan yang tepat dari manfaat buah-buahan dan sayuran, penting untuk meningkatkan penyerapan kalsium yang optimal termasuk buah mangga ini.

Buah Mangga Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Buah Mangga adalah sumber vitamin A dan flavonoid seperti beta-karoten, alfa-karoten, dan beta-cryptoxanthin. Vitamin A membantu penglihatan yang baik dan mencegah kebutaan malam, serta mata kering. Vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir sehat dan kulit.

Buah Mangga Dapat Menurunkan Kolesterol

Membiarkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh terus meningkat tentu berdampak buruk bagi tubuh. Solusinya yaitu dengan menyediakan buah mangga di daftar menu makanan anda. Kandungan serat yang cukup tinggi, pectin serta vitamin C dalam mangga sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda.

Buah Mangga Dapat Mencerahkan Kulit

Manfaat buah mangga yang satu ini tentu menggiurkan para wanita. Dengan mengkonsumsi buah mangga, pori-pori Anda akan bersih dan jerawat akan jauh. Sebagai efeknya, kulit Anda akan jauh lebih cerah dan sehat. Manfaat ini bisa diperoleh dengan mengkonsumsi mangga atau dengan menggunakannya sebagai bahan kecantikan seperti masker misalnya.

Buah Mangga Dapat Mencegah Asma

Buah mangga dapat mempengaruhi pengembangan resiko asma menjadi lebih rendah. Hal ini juga terjadi pada orang yang mengkonsumsi jumlah tinggi nutrisi tertentu. Salah satu nutrisi ini adalah beta karoten, yang ditemukan dalam manfaat buah pepaya, aprikot, brokoli, melon, labu dan wortel.

Buah Mangga Dapat Menambah Berat Badan

Mangga juga bermanfaat bagi orang-orang yang ingin menambah berat badannya. Mangga mentah mengandung zat tepung yang akan diubah menjadi zat gula. Oleh karena itu, mangga yang matang (kaya akan gula) bila dikonsumsi dengan tambahan susu akan sangat membantu dalam meningkatkan berat badan.

Buah Mangga Dapat Mengatasi Diabetes

Buah Mangga memiliki peran yang sehat dalam menormalkan kadar insulin di dalam darah.

Buah Mangga Dapat Meningkatkan Daya Ingat

Buah mangga mengandung glutamin yang membantu untuk meningkatkan daya ingat atau memori dan membuat sel-sel aktif meningkatkan tingkat konsentrasi.

Buah Mangga Dapat Meningkatkan Sistem Imun

Perubahan musim serta cuaca yang tidak menentu menyebabkan tubuh mudah terserang berbagai penyakit. Kandungan vitamin C, A serta 25 jenis karotenoid menjadikan mangga sangat efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Buah Mangga Dapat Mencegah Penuaan Dini

Bisa membantu mencegah terjadinya penuaan dini karena buah mangga mengandung anti oksidan yang mampu membantu mencegah datangnya tanda penuaan seperti keriput dll. Sehingga wajah tetap awet muda.

Buah Mangga Dapat Mengatasi Panas Dalam

Mangga bisa berfungsi sebagai pendingin tubuh. Panas dalam biasanya muncul saat ginjal terbebani dengan cuaca yang panas. Dengan mengkonsumsi mangga, Anda bisa menetralkan racun dan suhu di dalam ginjal Anda.
Berikut nilai kandungan gizi Mangga per 100 gram :
  • Energi 272 kJ (65 kcal)
  • Karbohidrat 17,00 g
  • Gula 14,8 g
  • Diet serat 1,8 g
  • Lemak 0,27 g
  • Protein 0,51 g
  • Vitamin A equiv. 38 mg (4%)
  • Beta-karoten 445 mg (4%)
  • Thiamine (Vitamin B1) 0.058 mg (4%)
  • Riboflavin (Vitamin B2) 0,057 mg (4%)
  • Niacin (Vitamin B3) 0,584 mg (4%)
  • Asam pantotenat (Vitamin B5) 0,160 mg (3%)
  • Vitamin B6 0,134 mg (10%)
  • Folat (Vitamin B9) 14 mg (4%)
  • Vitamin C 27,7 mg (46%)
  • Kalsium 10 mg (1%)
  • Besi 0,13 mg (1%)
  • Magnesium 9 mg (2%)
  • Fosfor 11 mg (2%)
  • Kalium 156 mg (3%)
  • Seng 0,04 mg (0%)
Referensi Saya :
  • http://intips-kesehatan.blogspot.co.id/2013/11/manfaat-unik-mangga-kesehatan-tubuh.html
  • http://www.proviantaudio.com/2014/01/manfaat-buah-mangga.html

You might also like